Senin, 10 Oktober 2016

Perbandingan Bahan Bakar Premium dan Pertamax

PENDAHULUAN

Bahan bakar adalah suatu materi apapun yang bisa diubah menjadi energi. Biasanya bahan bakar mengandung energi panas yang dapat dilepaskan dan dimanipulasi. Kebanyakan bahan bakar digunakan manusia melalui proses pembakaran (reaksi redoks) di mana bahan bakar tersebut akan melepaskan panas setelah direaksikan dengan oksigen di udara. Proses lain untuk melepaskan energi dari bahan bakar adalah melalui reaksi eksotermal dan reaksi nuklir (seperti Fisi nuklir atau Fusi nuklir). Hidrokarbon(termasuk di dalamnya bensin dan solar) sejauh ini merupakan jenis bahan bakar yang paling sering digunakan manusia. Bahan bakar lainnya yang bisa dipakai adalah logam radioaktif.


TUJUAN

Adapun tujuan yang ingin saya sampaikan pada postingan kali ini yaitu untuk membantu teman-teman pembaca yang ingin mengetahui apa sih perbedaan dari masing-masing bahan bakar yang kita gunakan sehari-hari. Pemilihan bahan bakar yang tepat tentunya juga dapat membantu kita untuk merawat kondisi mesin kendaraan yang kita gunakan. Kita tentu ingin menjaga kendaraan kita agar selalu dalam kondisi yang prima.


Berikut penjelasan tentang perbedaan dari Premium dan Peratamax


Premium dan Peratamax merupakan bahan bakar minyak (BBM) yang sudah menjadi kebutuhan sehari untuk bahan bakar kendaraan dijaman modern seperti ini. Lalu, apa perbedaan antara Premium dan Pertamax itu sendiri? Bagi anda yang tidak tahu mengenai perbedaan antara kedua jenis bahan bakar tersebut, anda akan mengetahuinya dengan membaca postingan saya ini. Perbedaan paling mendasar dari kedua jenis BBM ini yaitu pada kandungan zat adiktif serta nilai oktan didalamnya.

Apa itu Nilai Oktan? Nilai oktan merupakan ketahanan BBM terhadap kompresi yang terjadi di dalam mesin. Semakin tinggi nilai oktan yang ada pada BBM tersebut makan akan semakin tahan terhadap kompresi atau tekanan. Begitu juga sebaliknya, jika nilai oktannya rendah maka semakin rendah pula ketahanannya terhadap tekanan kompresi.


Bahan Bakar PREMIUM

Premium hanya mempunyai Research Oktan Number (RON) 88 saja yang mana Premium adalah bahan bakar dengan angka oktan terkecil dibandingkan dengan Bahan Bakar yang lain selain Pertamax. Dengan angka oktan yang kecil ini menjadikan premium sebagai Bahan Bakar dengan kualitas yang kurang bagus. Karena memiliki ketahanan terhadap kompresi yang lemah, penggunaan bahan bakar ini secara terus menerus terhadap mesin dengan kompresi yang tinggi akan menyebabkan mesin cepat rusak.


Bahan Bakar PERTAMAX

Pertamax memiliki RON 92 yang mana lebih tinggi dari pada Premium, Pertamax cocok digunakan untuk mesin dengan kompresi yang tinggi. Walaupun masih ada Bahan Bakar dengan angka oktan yang lebih tinggi yaitu Peratamax Plus dengan angka oktan 95, Pertamax Turbo dengan angka oktan 98 dan masih banyak lainnya. Pertamax merupakan pilihan yang tepat untuk anda yang ingin menjaga dan merawat kondisi mesin.


PERBANDINGAN

Premium :
  1. Harga lebih murah dibanding Bahan Bakar lainnya.
  2. Untuk Pemakaian jangka panjang dapat merusak mesin


Pertamax :
  1. Harga lebih mahal dibanding Premium.
  2. Untuk Pemakaian jangka panjang lebih baik dibanding Premium



Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Bahan_bakar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar