Jumat, 27 Mei 2016

Penulisan 4

Tips Merawat Motor Injeksi

Mempunyai sepeda motor kita harus melakukan perawatan dengan cara yang baik agar motor yang kita miliki tetep prima dan awet. Pada kesempatan ini saya ingin sharing beberapa tips mengenai cara merawat motor injeksi yang mungkin perlu anda ketahui. Bagi anda yang mempunyai motor injeksi wajib membaca tulisan dibawah ini yang mungkin bisa anda praktekan di rumah dari pada anda setiap bulanya membawa motor ke bengkel.Sambil belajar service motor sendiri dan mempelajari beberapa komponen akan menghemat biaya perawatan pada motor yang anda miliki. Berikut ini 5 tips yang bisa anda coba dirumah.

1. Selang Saluran Bahan Bakar

Injektor memiliki fungsi yaitu menyemprotkan kabut bahan bakar dengan tekanan tinggi ke mesin yang takaran dan waktunya diatur oleh piranti Electronic Control Unit (ECU).
Komponen tersebut selain berperan penting dalam menentukan proses pembakaran di ruang bakar mesin , komponen tersebut juga sangat menentukan boros tidaknya komsumsi bahan bakar yang digunakan pada sebuah motor.Namun ketepatan sistem kerja itu juga tergantung komponen lain, termasuk selang dan pompa bahan bakar.
Bila Selang kotor ataupun bocor maka kinerja injektor tidak akan menjadi maksimal.Oleh karena itu selang wajib selalu di periksa setelah motor menempuh jarak 2000 kilometer.

2. Pompa Bahan Bakar.

Jika anda mempunyai motor injeksi baik itu supra x revo atau motor lainya yang sudah menggunakan sistem injeksi dan telah lebih dari 50.000 kilometer atau kelipatanya, maka sebaiknya anda melakukan pemeriksaan pada pompa bahan bakar. untuk mendeteksi gejala masalah di komponen tersebut anda bisaa melakukan dengan cara, yaitu menghidupkan mesin motor di tempat yang tidak bising , selanjutnya anda dengarkan bagian tangki apakah ada suara mendenging atau mendesing. Jika terdengar suara mendesing ini berarti Filter Fuel Pump tergantung.
Bila hal tersebut terjadi,maka anda bisa membersihkan dan sekaligus menguras tangki bahan bakar . Dengan cara tersebut anda akan mendapatkan hasil yang maksimal agar fuelk pum tidak terganggu.

3. Pastikan Ketepatan Posisi Klep Injektor.

Meski waktu dan tekanan ke klep di atur oleh komponen yang dinamakan dengan ECU( yang sudah di program oleh pabrikan ).Namun ,tak jarang posisi klep akan mengalami perubahan karena berbagai faktor penyebab.
Oleh karena itu ,agar kinerja injektor benar benar maksimal , maka pastikan bahwa klep berada di posisi yang tepat , artinya ,tidak terlalu renggah dan juga tidak terlampau rapat.
Bila Terlalu renggang maka asupun bahan bakar ke komponen tersebut berlebih dan sebaliknya bila terlalu rapat akan mengakibatkan semprotan kabut bahan bakar ke ruang bakar juga tidak ideal seperti takaran dari pabrik.
So, Hasil proses pembakaran menjadi tidak sempurna dan tenaga mesin menjadi loyo atau motor menjadi boros untuk bahan bakarnya.

4. Periksa Rutin Busi dan Bersihkan Filter Udara.

Busi merupakan sebuah komponen motor yang berfungsi untuk pemantik api yang dibutuhkan saat proses pembakaran di ruang bakar.Ketepatan pantikan api yang di hasilkan busi dengan semburan bahan bakar (bensin) yang bercampur udara di ruang bakar sangat menentukan sempurna tidaknya proses pembakaran.
Proses pembakaran yang tidak sempurna akan menjadikan proses tidak maksimal dan juga menjadikan bahan bakar mubazir, tenaga dari mesin pun loyo,Oleh karena itu bersihkan busi selalu agar pantikan api sempurna selain itu atur ulang tingkat kerenggangan sumbu dan katub busi.
Begitupun dengan filter udara , Bila filter kotor maka anda bisa segera bersihkan sedangkan bila sel sel kerta telah sangat kotor atau rusak lebih baik anda segera melakukan pergantian dengan yang baru.
Yang perlu anda ketahui, filter yang rusak atau kotor maka akan menjadikan hembusan udara ke ruang bakar menjadi terhambat.Padahal kesempurnaan proses pembakaran di ruang bakar mesin tersebut sangat ditentukan oleh komposisi yang ideal antara udara dan juga bahan bakar.

5. Rawat ECU Dengan Baik

ECU atau singkatan dari Electronic Control Unit adalah ota yang mengatur keseluruhan unit injektor , baik takaran bahan bakar yang akan di semprotkan maupun bukan tutup klep injektor.Sehingga bila komponen ini terganggu maka akan menyebabkan kinerja injektor tidak akan berjalan dengan baik .Satu diantaranya misalnya seperti semburan bahan bakar yang tidak sesuai dengan takaran.Dari hal tersebut maka akan berakibat stationer mesin menjadi tidak stabil. Bila tingkat kerusakan yang terdapat pada komponen ECU telah parah, maka kendaraan tidak akan bisa dijalankan alias Mogok. Untuk Kerusakan yang terjadi pada ECU sendiri ada beberapa penyebab,diantaranya yaitu seperti gangguan kelistrikan karena over suppley, voltase sumber kelistrikan rendah,korsleting dan lain sebagainya.
Oleh karena itu sangat di anjurkan untuk secara rutin memeriksa kabel pada kelistrikan .Bila anda melakukan modifikasi yang memerlukan tambahan asupan tenaga listrik sebaiknya anda pikirkan ulang efeknya ke sistem kelistrikan,coba anda tanyakan pada bengkel modifikasi apa yang akan terjadi bila asupan tersebut digunakan untuk komponen aksesoris lainya dan pastikan bahwa aksesoris tambahan tersebut tidak berpengaruh ke sistem kelistrikan yang akan menganggu ECU.

Minggu, 22 Mei 2016

Penulisan 3

Tips dan Cara Merawat Motor Matic Agar Awet


     Di indonesia khususnya pengguna motor matic mungkin sudah cukup banyak ,baik itu kaum adam maupun hawa yang mengendarai motor tersebut.Saya sendiri pengendara motor matic honda beat dari tahun 2013 sampai sekarang alhamdulilah masih awet , meskipun ada beberapart part yang rusak karena jatuh dari motor.Perawatan Motor matic sebenarnya tidak jauh berbeda dengan motor bebek 4 tak. Motor matic memang butuh perawatan khusus dari pemilikinya,terlebih sekarang motor matic sudah banyak menggunakan teknologi injeksi yang dimana dalam perawatanya membutuhkan tenaga ekstra keras karena perawatanya tidak semudah menggunakan karburator.

Berikut ini beberapa tips yang bisa anda coba praktekan untuk menjaga kondisi motor matic anda tetap pada kondisi yang prima dan baik.

1. Panaskan Motor terlebih dahulu sebelum digunakan

Hal yang tidak wajar jika saat motor dibutuhkan anda langsung gas tanpa melakukan pemanasan pada mesin motor.Coba biasakan sebelum motor digunakan anda panasi terlebih dahulu mesin motor anda , agar oli keseluruhan bisa tercampur di dalam mesin sehingga performance bisa maksimal.Untuk melakukan pemanasan mesin cukup menghidupkan selama 5 sampai 10 Menit.

2. Jangan Sering Mengubah Kecepatan Laju

Nah mungkin bagi kalangan anak mudah kebut kebutan adalah hal yang wajar , karena andrenalin anak muda itu biasanya mengobar ngobar , kenapa…? ya hal tersebut dulu waktu saya pulang sekolah SMA , mulai keluar pintu gerbang langsung tancap gas mentok sambil melakukan transmisi gigi, terus rem mendadak dan gas lagi (dulu motor yang saya gunakan adalah motor honda WIN) tapi sekarang sudah beralih motor matic dan sebentar lagi hijrah lagi ke motor sport yaitu new vixion .Usahakan untuk saat ini jika anda menggunakan motor matic jangan biasakan dalam kecepatan kecang kemudian tiba tiba me rem mendadak dan menarik gas lagi hingga kencang dan me rem lagi hal tersebut akan membuat mesin motor matic anda cepet rusak.

3.  Selalu Cek Bahan Bakar (Bensin)

Kebanyakan orang saat bensin mau habis baru melakukan pengisian ,ada juga yang lebih parah lagi ,sampai motor tidak bisa di jalankan baru di isi bahan bakar (bensin). Nah hal tersebut jangan sampai terulang kembali , usahakan jarum penunjuk bahan bakar jangan sampai di posisi E atau empty apa lagi lewat dari huruf E di info speedometer. Usahakan untuk selalu mengisi bensin motor anda jangan sampai kosong.

4. Rutin untuk selalu mengganti oli motor

Bagi anda yang mempunyai motor matic usahakan untuk rutin mengganti oli motor .Untuk jadwal pergantian oli motor itu dilakukan setiap 1000 KM dan untuk pergantian oli transmisi motor maksimal ketika motor sudah mencapai 5000 KM.

5. Periksa Kondisi Aki dan Busi

2 komponen motor ini harus tetep di jaga agar performance motor tetep stabil selain itu agar tidak mudah mogok saat berkendara baik perjalanan jauh atau pendek. Busi motor juga sangat berguna untuk motor matic agar tetap melaju dengan kecang,jika komponen aki dan juga busi tidak berfungsi sebagai mestinya maka segera ganti dengan yang baru usahakan dari bengkel yang resmi.

6. Periksa Roler dan Ventbelt.

Jika pada motor bebek maka yang di check adalah rantai motor dan gear sedangkan untuk motor metic anda harus melakukan pengecekan pada roler dan ventbelt.Jika saat anda check dan sudah dalam keadaan tidak layak pakai tentunya anda bisa usahakan untuk menggantinya dengan yang baru kalau bisa standard (orisinil)

7. Ganti Oli Shockbreaker.

Oli juga bukan hanya terdapat pada mesin motor , tapi oli juga terdapat pada shockbreaker nah hal tersebut juga perlu adanya pergantian tujuannya tidak lain agar shock motor tetep berfungsi sebagai mana mestinya.Oya untuk pergantian sendiri Shock Motor bisa diganti setiap motor mencapai 10000KM.

8.  Gunakan Bensin Berkualitas.

Tidak jarang ada saja orang orang yang menjual bensin campuran , meskipun tidak banyak tapi anda harus berhati hati. Kualitas bensin sanga mempengaruhi kualitas mesin motor anda , sebaiknya untuk mengisi bensin motor carilah tepat yang dikelola oleh pemerintah (pom) atau tempat tempat penjual bensin yang memang sudah dipercaya. Karena apa bila yang di jual bensin murni maka akan mengakibatkan motor aman tapi sebaliknya jika bukan bensin murni tentunya akan mengakibatkan bahaya bagi motor kita.

Minggu, 17 April 2016

Penulisan 2

Tips Merawat Mobil Matic Agar Tetap Awet - zaman sekarang kebanyakan mobil sudah menggunakan transmisi matic, selain kemudahan yang di dapat, mobil matic juga terasa nyaman saat di kendarai bahkan Kita tidak perlu pusing untuk mengatur tuas transmisi seperti mobil manual, namun biasanya mobil matic memiliki sisi kelemahan yang sangat rentan terhadap kerusakan terutama pada bagian transmisi dan mesin. Perlu Anda ketahui jika mobil matic yang sudah mengalami kerusakan, biayanya itu jauh lebih mahal daripada mobil manual. Maka dari itu jika Anda tidak menjaga secara baik mobil Anda dan meremehkan segala sesuatu yang terjadi, besar kemungkinan mobil matic Anda akan mengalami masalah. Untuk itu Kami akan memberitahukan bagaimana cara merawat mobil matic Anda agar tetap awet dan tetap nyaman dikendarai, hal yang harus diperhatikan ketika Anda mempunyai mobil matic adalah sebagai berikut.

1. Lakukan Uji Jalan

Sebagai pengendara yang peduli dengan kondisi mobil yang dimiliki di anjurkan agar melakukan uji jalan minimal sebulan sekali. Ini dilakukan untuk pengecekan bagian-bagian di dalam mesin apakah masih terdengar halus atau ada suara-suara akibat kurangnya pelumas atau hal-hal lain selama mobil tidak dipakai.

2. Rajin Mengecek Oli

Pengecekan Oli atau pelumas sangat penting untuk menjaga kondisi mobil kita agar tetap prima. Pelumas ini berguna meredam gesekan-gesekan di dalam bagian mobil untuk mengurangi aus pada komponen yang bergesekan tadi. Selain itu Oli/Pelumas juga berguna sebagai pendingin di dalam mesin.

3. Memanaskan Mobil

Memanaskan Mobil jika ingin dipakai atau lakukan hal ini setiap pagi. Hal ini merupakan hal sepele namum terkadang jika hal ini terabaikan akan membuat mesin anda sedikit terganggu jika tidak dilakukan.

4. Teliti dalam menggunakan persneling

Dalam kepemilikan dan penggunaan mobil matic, kita di anjurkan untuk memahami dan mengerti guna persneling yang cocok untuk keperluan. Yang dimaksudkan disini yaitu seperti tidak menggunakan persneling P pada saat keadaan mobil matic belum benar-benar berhenti. Hal ini jika dilakukan lambat laun akan menimbulkan kerusakan pada persneling mobil matic anda. Kemudian jika anda sedang memarkirkan kendaraan hindari memasukan persneling D.

5. Baca Buku Panduan

Yang terakhir yaitu memahami dan melakukan hal-hal yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan terhadap mobil matic anda melalui buku panduan. Bacalah buku panduan jika anda mengalami kesulitan.

Sekian Penjelasan Saya kali ini. Semoga Bermanfaat.

Sabtu, 16 April 2016

Penulisan

Mulai dari mana ya? hmmmmm. Oke mungkin yang pertama akan saya lakukan sebagai orang muslim yaitu salam. Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh. Jadi pada kesempatan kali ini, saya mencoba membuat tulisan tentang bagaimana dan seberapa penting menulis di dalam kehidupan sehari-hari (tidak ada alasan khusus mengapa saya menulis ini, anggap saja saya dapat tugas untuk membuat penulisan. hehe)

Baik kita akan bedah satu persatu. (hehe lebay yak :p)

KENAPASIH HARUS MENULIS?

Menulis merupakan aktivitas yang memiliki banyak sekali manfaat. Dari sudut pandang manapun menulis dapat melatih kecerdasan, kreatifitas, dan bahkan bisa membuat kita sehat. Mengapa demikian?, karena pada saat menulis kita dipaksa untuk memunculkan ide-ide yang akan kita tuangkan kedalam secarik kertas atau media lainnya. Dan menulis juga merupakan aktivitas yang membutuhkan kesabaran dan ketekunan untuk mengasah kemampuan menulis seseorang. Jadi bisa dikatakan jika kita ingin menjadi penulis yang baik, kita harus sering dan rajin-rajin latihan menulis. Yang paling sederhana yang dapat kita lakukan yaitu menulis pengalaman kehidupan kita di buku Diary. Atau menulis Puisi untuk orang-orang disekitar kita (menulis puisi untuk pacar bisa juga dijadikan latihan dalam menulis :3).

MENGAPA KETERAMPILAN MENULIS ITU PENTING?

Menulis sudah menjadi satu keterampilan dasar dalam komunikasi manusia modern. Pertama, penulisan istilah telah didefiniskan oleh kamus sebagai kegiatan atau keterampilan menandai kata-kata yang koheren ke dalam kertas dengan tepat. Menulis adalah sarana komunikasi yang vital dalam sebuah perorganisasian mental manusia. Karena kita bisa lihat di kantor-kantor atau pekerjaan lain, hampir semua dilakukan melalui komunikasi tertulis. Oleh karenanya tuntutan memiliki keterampilan menulis harus dimiliki untuk mencapai karir dan tujuan bisnis.

Menulis juga memiliki fungsi lain, dimana :

- Menulis merupakan media untuk mengEKSPRESIKAN diri.
- Menulis dapat dijadikan tolak ukur menilai pengetahuan dan inelektualitas seseorang.
- Menulis dapat membuat kita lebih Fleksible dan Lebih Matang dalam penempatan diri di lingkungan.
- Kemampuan untuk menjernihkan soal atau ketelitian dalam membaca.
- Yang terakhir yaitu sebagai Alat Perekam.

Saya kira dicukupkan saja penjelasan tentang menulis ini, dikarenakan penulis juga masih belajar dalam menulis hehe. Lebih kurangnya penulis mengucapkan maaf dan terima kasih kepada kalian yang telah membaca. :))

Selasa, 22 Maret 2016

HAK DAN KEWAJIBAN WARGA NEGARA INDONESIA

Menurut Prof. Dr. Notonagoro:

Hak adalah kuasa untuk menerima atau melakukan suatu yang semestinya diterima atau dilakukan melulu oleh pihak tertentu dan tidak dapat oleh pihak lain manapun juga yang pada prinsipnya dapat dituntut secara paksa olehnya..

Hak dan Kewajiban merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan, akan tetapi terjadi pertentangan karena hak dan kewajiban tidak seimbang. Bahwa setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban untuk mendapatkan penghidupan yang layak, tetapi pada kenyataannya banyak warga negara yang belum merasakan kesejahteraan dalam menjalani kehidupannya. Semua itu terjadi karena pemerintah dan para pejabat tinggi lebih banyak mendahulukan hak daripada kewajiban. Padahal menjadi seorang pejabat itu tidak cukup hanya memiliki pangkat akan tetapi mereka berkewajiban untuk memikirkan diri sendiri. Jika keadaannya seperti ini, maka tidak ada keseimbangan antara hak dan kewajiban. Jika keseimbangan itu tidak ada akan terjadi kesenjangan sosial yang berkepanjangan.

Untuk mencapai keseimbangan antara hak dan kewajiban, yaitu dengan cara mengetahui posisi diri kita sendiri. Sebagai seorang warga negara harus tahu hak dan kewajibannya. Seorang pejabat atau pemerintah pun harus tahu akan hak dan kewajibannya. Seperti yang sudah tercantum dalam hukum dan aturan-aturan yang berlaku. Jika hak dan kewajiban seimbang dan terpenuhi, maka kehidupan masyarakat akan aman sejahtera. Hak dan kewajiban di Indonesia ini tidak akan pernah seimbang. Apabila masyarakat tidak bergerak untuk merubahnya. Karena para pejabat tidak akan pernah merubahnya, walaupun rakyat banyak menderita karena hal ini. Mereka lebih memikirkan bagaimana mendapatkan materi daripada memikirkan rakyat, sampai saat ini masih banyak rakyat yang belum mendapatkan haknya. Oleh karena itu, kita sebagai warga negara yang berdemokrasi harus bangun dari mimpi kita yang buruk ini dan merubahnya untuk mendapatkan hak-hak dan tak lupa melaksanakan kewajiban kita sebagai rakyat Indonesia.

Sebagaimana telah ditetapkan dalam UUD 1945 pada pasal 28, yang menetapkan bahwa hak warga negara dan penduduk untuk berserikat dan berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan maupun tulisan, dan sebagainya, syarat-syarat akan diatur dalam undang-undang. Pasal ini mencerminkan bahwa negara Indonesia bersifat demokrasi. Pada para pejabat dan pemerintah untuk bersiap-siap hidup setara dengan kita. Harus menjunjung bangsa Indonesia ini kepada kehidupan yang lebih baik dan maju. Yaitu dengan menjalankan hak-hak dan kewajiban dengan seimbang. Dengan memperhatikan rakyat-rakyat kecil yang selama ini kurang mendapat kepedulian dan tidak mendapatkan hak-haknya.

HAK DAN KEWAJIBAN WARGA NEGARA :
1.  Wujud Hubungan Warga Negara dengan Negara Wujud hubungan warga negara dan negara pada umumnya berupa peranan (role).
2.  Hak dan Kewajiban Warga Negara Indonesia Hak kewajiban warga negara Indonesia tercantum dalam pasal 27 sampai dengan pasal 34 UUD 1945.


Hak Warga Negara Indonesia :
–   Hak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak : “Tiap warga negara berhak atas
pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan” (pasal 27 ayat 2).
–   Hak untuk hidup dan mempertahankan kehidupan: “setiap orang berhak untuk hidup serta berhak mempertahankan hidup dan kehidupannya.”(pasal 28A).
–   Hak untuk membentuk keluarga dan melanjutkan keturunan melalui perkawinan yang sah (pasal 28B ayat 1).
–   Hak atas kelangsungan hidup. “Setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh, dan Berkembang”
–   Hak untuk mengembangkan diri dan melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya dan berhak mendapat pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya demi
meningkatkan kualitas hidupnya demi kesejahteraan hidup manusia. (pasal 28C ayat 1)
–   Hak untuk memajukan dirinya dalam memperjuangkan haknya secara kolektif untuk membangun masyarakat, bangsa, dan negaranya. (pasal 28C ayat 2).
–   Hak atas pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum yang adil serta
perlakuan yang sama di depan hukum.(pasal 28D ayat 1).
–   Hak untuk mempunyai hak milik pribadi Hak untuk hidup, hak untuk tidak disiksa, hak kemerdekaan pikiran dan hati nurani,hak beragama, hak untuk tidak diperbudak,
hak untuk diakui sebagai pribadi di hadapan hukum, dan hak untuk tidak dituntut atas dasar hukum yang berlaku surut adalah hak asasi manusia yang tidak dapat dikurangi dalam keadaan apapun. (pasal 28I ayat 1).


Kewajiban Warga Negara Indonesia  :
–   Wajib menaati hukum dan pemerintahan. Pasal 27 ayat (1) UUD 1945 berbunyi :
segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan
dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya.
–   Wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara. Pasal 27 ayat (3) UUD 1945
menyatakan  : setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya
pembelaan negara”.
–   Wajib menghormati hak asasi manusia orang lain. Pasal 28J ayat 1 mengatakan :
Setiap orang wajib menghormati hak asai manusia orang lain
–   Wajib tunduk kepada pembatasan yang ditetapkan dengan undang-undang. Pasal 28J ayat 2 menyatakan : “Dalam menjalankan hak dan kebebasannya,setiap orang wajib tunduk kepada pembatasan yang ditetapkan dengan undang-undang dengan maksud untuk menjamin pengakuan serta penghormatan atas hak kebebasan orang lain dan untuk memenuhi tuntutan yang adil sesuai dengan pertimbangan moral, nilai-nilai agama, keamanan, dan ketertiban umum dalam suatu masyarakat demokratis.”
–   Wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara. Pasal 30 ayat (1) UUD 1945. menyatakan: “tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.”


Hak dan Kewajiban telah dicantumkan dalam UUD 1945 pasal 26, 27, 28, dan 30, yaitu :
1.  Pasal 26, ayat (1), yang menjadi warga negara adalah orang-orang bangsa Indonesia asli dan orang-orang bangsa lain yang disahkan dengan undang-undang sebagai warga negara. Dan pada ayat (2), syarat-syarat mengenai kewarganegaraan ditetapkan dengan undang-undang.
2.  Pasal 27, ayat (1), segala warga negara bersamaan dengan kedudukannya di dalam
hukum dan pemerintahannya, wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu. Pada ayat (2), taip-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan.
3.  Pasal 28, kemerdekaan berserikat dan berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan, dan sebagainya ditetapkan dengan undang-undang.
4.  Pasal 30, ayat (1), hak dan kewajiban warga negara untuk ikut serta dalam pembelaan negara. Dan ayat (2) menyatakan pengaturan lebih lanjut diatur dengan undang-undang.

Senin, 16 November 2015

KABUT ASAP

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

      Kebakaran hutan hampir sering terjadi di Indonesia khususnya pada musim kemarau yang panjang seperti saat ini. Selain dapat mengganggu keadaan alam, kebakaran hutan juga dapat menyebabkan gangguan terhadap aktivitas warga disekitar dan dampak dari asap kebakaran hutan yang mengganggu pernafasan dan kesehatan. Bila manusia menghirup asap dengan konsentrasi yang tinggi penyakit-penyakit berbahaya pun dapat terjadi karena asap kabut mengandung komponen berbahaya, dari partikel bahan-bahan yang terbakar hingga komponen kuman. Biasanya tingkat gangguan yang terjadi berdasarkan jarak dan durasi dari kabut asap. Orang yang tinggal didekat sumber kebakaran akan mengalami dampak yang lebih parah ketimbang yang jauh dari lokasi kebakaran hutan. Namun jika kadar polutan dari asap terkumpul, maka orang yang berada di daerah yang jauh dari sumber asap pun bisa merasakan dampak yang serius bagi kesehatan tubuhnya.

1.2 Tujuan

Adapun tujuan penyusunan makalah ini adalah sebagai berikut.
1. Mengetahui penyebab dari kabut asap yang terjadi di provinsi riau.
2. Mengetahui sektor atau lembaga yang menyebabkan kabut asap tersebut.
3. Mengetahui peran serta pemerintah dalam mengatasi hal ini.
4. Mengetahui upaya yang dapat ditempuh untuk memberantas kasus ini.

1.3 Rumusan Masalah

1. Apa penyebab dari kabut asap yang terjadi di provinsi riau?
2. Apa saya usaha pemerintah untuk mengatasi hal ini?
3. Siapakah dalang dibalik semua ini?
4. Apa saja reaksi masyarakat uintuk menghadapi hal ini?
5. Dimana saja letak titik api yang menyebabkan kebakaran ini semakin meluas?
6. Apa saja dampak yang merugikan bagi masyarakat riau?
7. Siapa saja lembaga yang membantu mengatasi hal ini?    



BAB II

PEMBAHASAN 

2.1 Penyebab dari kabut asap yang terjadi di provinsi riau
      
      Penyebab dari kabut asap ini adalah adanya suatu perusahaan yang berencana ingin membuat lahan perkebunan sawit, lalu mereka membakar hutan. Karena hembusan angin, akhirnya api tersebut semakin meluas hingga menghasilkan kabut asap yang pekat dan bisa menyebabkan penyakit, dan kecelakaan lalu lintas karena jarak pandang yang tidak sempurna.

2.2 Usaha pemerintah dalam mengatasi kabut asap di riau

      Pemerintah sudah melakukan berbagai cara untuk mengatasi ini. Tetapi upaya pemadaman dan penanggulangan api serta kabut asap ini tidak bisa dilakukan melalui udara karena ketebalan asap. Sementara di darat upaya penanggulangan dilakukan dengan cara manual menggunakan mesin damkar di Bengkalis dan Teluk Meranti, termasuk Pelalawan dan Siak.

2.3 Sektor atau lembaga yang menyebabkan kabut asap di riau

      Kepolisian Daerah provinsi Riau sebagai Satuan Tugas (Satgas) penindakan kabut asap telah menetapkan 66 orang sebagai tersangka pembakaran lahan dari 44 perkara yang tengah ditangani. Satu tersangka di antaranya adalah pihak korporasi.

2.4 Reaksi masyarakat menghadapi masalah ini

      Untuk menanggapi dan mencegah terjadinya penyakit yang dibawa oleh wabah kabut asap ini, masyarakat telah memilih masker sebagai alat bantu untuk membantu bernafas. Mulai dari anak-anak hingga Manula menggunakan masker agar terhindar dari penyakit berbahaya dari wabah kabut asap ini. Masker dipilih karena harganya yang murah dan mudah dibawa kemanapun. Tetapi masker tetaplah sekedar masker, jika kadar asap sudah mencapai titik tertinggi, masker pun sudah tidak dapat lagi banyak membantu.

2.5 Titik api yang menyebabkan kebakaran ini semakin meluas

      Polri menerima catatan terakhir pada pukul 21.00 WIB, api mencapai 137 titik yang tersebar di Bengkalis sebanyak 65 titik, Inhil 6 Titik, Meranti 33 titik, Pelawan 11 titik, Dumai 5 titik, dan Siak 17 titik. Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru juga masih tidak beroperasi hingga hari ini. Jarak pandang 100 meter dan tidak ada aktivitas penerbangan.

2.6 Dampak yang merugikan bagi masyarakat di riau

      Kabut asap yang sudah melebihi batasan pasti memiliki dampak merugikan terhadap masyarakat disekitarnya. Salah satu dampak yang terjadi yaitu penyakit pernafasan. Sebanyak hampir 50.000 warga di dua provinsi itu menderita sakit. Jumlah jiwa penderita sakit sebanyak 49.591 akibat asap seperti ISPA, pneumonia, asma, iritasi mata, dan kulit.

2.7 Lembaga yang membantu mengatasi kabut asap di riau

      Hingga saat ini upaya pemadaman masih dilakukan bersama BNPB, TNI, dan pihak terkait lainnya. Penindakan hukum terhadap para pelaku yang diduga sengaja membakar lahan atau hutan juga digalakkan.


BAB III

HASIL

3.1 Indeks standar pencemaran udara

      Keputusan Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan tentang perhitungan dan pelaporan serta Informasi Indeks Standar Pencemaran Udara No.107 / BAPEDAL / X / 1997. Dalam keputusan tersebut yang terdiri dari 10 pasal dimana dalam Pasal-pasal terdapat parameter-parameter dasar untuk Indeks Standar Pencemaran Udara dan periode waktu pengukuran yaitu :

Pasal 2 ; Parameter Parameter Dasar Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) dan Periode Waktu Pengukuran

      1. Parameter Partikulasi (PM 10) waktu pengukuran 24 jam (Periode pengukuran rata-rata)
      2. Sulfur Dioksida (SO2) waktu pengukuran 24 jam.
      3. Carbon Monoksida (CO) waktu pengukuran 8 jam.
      4. Ozon (O3) waktu pengukuran 1 jam.
      5. Nitrogen Dioksida (NO2) waktu pengukuran 1 jam.

Jika hasil pengukuran kontinyu diambil harga rata-rata tertinggi waktu pengukuran ISPU disampaikan kepada masyarakat setiap 24 jam dari rata-rata sebelumnya.

Pasal 3 : Angka dan Kategori Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU)

      1. Indeks 1-50 dengan Kategori Baik.
      2. Indeks 51-100 dengan Kategori Sedang.
      3. Indeks 101-199 dengan Kategori Tidak Sehat.
      4. Indeks 200- 299 dengan Kategori Sangat Tidak Sehati.
      5. Indeks 300-lebih dengan Kategori Berbahaya.



3.2 Dampak kabut asap bagi kesehatan

Berikut ini dampak akibat gangguan asap bagi kesehatan kita


  1. Kabut asap dapat menyebabkan iritasi pada mata, hidung, dan tenggorokan, serta menyebabkan reaksi alregi
  2. Kabut asap dapat memperburuk penyakit asma dan penyakit paru kronis lain, seperti bronkitis kronik, PPOK dan sebagainya.
  3. Kemampuan kerja paru menjadi berkurang dan menyebabkan seseorang mudah lelah dan mengalami kesulitan bernapas
  4. Bagi mereka yang berusia lanjut (lansia) dan anak-anak maupun yang mempunyai penyakit kronik, dengan kondisi daya tahan tubuh yang rendah akan lebih rentan untuk mendapat gangguan kesehatan.
  5. Kemampuan dalam mengatasi infeksi paru dan saluran pernapasan menjadi berkurang sehingga menyebabkan lebih mudah terjadi infeksi
  6. Berbagai penyakit kronik juga dapat memburuk.
  7. Bahan Polutan pada asap kebakaran hutan dapat menjadi sumber polutan di sarana air bersih dan makanan yang tidak terlindungi
  8. Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) jadi lebih mudah terjadi, terutama karena ketidak seimbangan daya tahan tubuh (host), pola bakteri/virus penyebab penyakit (agent) serta buruknya lingkungan (environment)

3.3 Penanganan Kabut Asap

Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kemenkes Thandra Yoga Aditama berbagi tips untuk melindungi diri dari risiko gangguan kabut asap. Menurutnya ada delapan hal yang bisa dilakukan, yaitu :


  1. Sedapat mungkin Hindari atau kurangi aktivitas di luar rumah/gedung. Terutama bagi mereka yang menderita penyakit jantung dan gangguan pernafasan.
  2. Jika terpaksa pergi ke luar rumah/gedung maka sebaiknya menggunakan masker.
  3. Minum air putih lebih banyak dan lebih sering.
  4. Bagi yang telah mempunyai gangguan paru dan jantung sebelumnya, mintalah nasihat kepada dokter untuk perlindungan tambahan sesuai kondisi. Segera berobat ke dokter atau sarana pelayanan kesehatan terdekat bila mengalami kesulitan bernapas atau gangguan kesehatan lain.
  5. Selalu lakukan perilaku hidup bersih sehat (PHBS). Seperti makan bergizi, jangan merokok, istirahat yang cukup dan lain-lain.
  6. Upayakan agar polusi di luar tidak masuk dalam rumah/sekolah/kantor dan ruang tertutup lainnya.
  7. Penampungan air minum dan makanan harus terlindung baik.
  8. Buah-buahan dicuci sebelum dikonsumsi. Bahan makanan dan minuman yang dimasak perlu dimasak dengan baik.


3.4 Kesimpulan

      Kabut asap yang terjadi sudah dikategorikan dalam kategori berbahaya karena sudah melebihi indeks pencemaran udara dan berada di angka >500. Asbut menjadi masalah bagi banyak kota di dunia dan terus mengancam lingkungan. Asbut dalam keadaan berat merusak dan bahkan menyebabkan masalah pernapasan bagi manusia. Ozon dapat terbentuk di dalam kabut berasap untuk menambah racun lainnya di dalam udara. Kabut berasap ini mengiritasikan mata dan merusak paru-paru. Seperti hujan asam, kabut berasap dapat dicegah dengan menghentikan pencemaran atmosfer. Bencana asap kabut yang terjadi sungguh meresahkan kita semua. Dampak yang ditimbulkan dari asap kabut ini sangat luas mulai dari aspek kesehatan, ekonomi, sosial budaya, hubungan internasional dan lain sebagainya. Karena besarnya dampak yang ditimbulkan tersebut maka perli langkah yang serius dalam penanganan masalah asap kabut ini.

Kamis, 08 Oktober 2015

AMDAL

LIMBAH PABRIK KERTAS

A.  PENGERTIAN

   Analisis Mengenai Dampak Lingkungan atau biasa disebut AMDAL yaitu suatu kajian yang digunakan untuk dapat memperkirakan dampak terhadap lingkungan oleh adanya suatu kegiatan proyek yang berdampak pada daerah sekitarnya guna memastikan tidak adanya dampak negatif terhadap lingkungan sekitar. AMDAL ini meliputi berbagai faktor seperti, faktor fisik, kimia, biologi, sosial ekonomi, dan sosial budaya.

B. PERMASALAHAN

     Bagaimana cara mengelola limbah pabrik kertas ??

C.  PEMBAHASAN

   Limbah merupakan contoh kecil masalah yang harus di analisis dalam pembahasan AMDAL, limbah merupakan buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi industri maupun domestic. Limbah atau sampah ini perlu memiliki penanganan yang sangat baik agar dampak terhadap lingkungan alam disekitarnya tidak tercemar.

    Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Limbah Kertas. Kertas adalah bahan yang tipis dan rata, yang dihasilkan dengan kompresi serat yang berasal dari pulp. Serat yang digunakan biasanya adalah alami, dan mengandung selulosa dan hemiselulosa. Pabrik Kertas menghasilkan limbah cair yang mengandung logam berat jenis Hg dan Cu. Limbah cair tersebut berupa bubur kertas encer yang apabila dibuang sembarangan akan mengakibatkan pencemaran lingkungan.

1.  Bahan Pembuatan Kertas
    
Bahan yang digunakan dalam pembuatan kertas yaitu Kayu, yang mengandung beberapa komponen seperti :

- Selulosa sekitar 50%
- Hemiselulosa
- Lignin
- Bahan ekstraktif

2. Karakteristik Limbah Kertas

Dari segi fisik limbah kertas berwujud cairan, dengan warna kehitaman atau abu-abus keruh dan memiliki kandungan  padatan yang terlarut, kadar COD yang tinggi.

Seperti tertera pada tabel BAKU MUTU LIMBAH CAIR menteri negara lingkungan hidup :

LAMPIRAN A.V
KEPUTUSAN
MENTERI NEGARA LINGKUNGAN HIDUP
NOMOR : KEP-51/MENLH/10/1995
TENTANG
BAKU MUTU LIMBAH CAIR BAGI KEGIATAN INDUSTRI
TANGGAL 23 OKTOBER 1995


Catatan :
a. Kadar maksimum untuk setiap parameter pada tabel di atas dinyatakan dalam miligram parameter per liter air limbah.
b. Beban pencemaran maksimum untuk setiap parameter pada tabel di atas dinyatakan dalam kg atau gram parameter per ton produk soda kostik.

- BOD
suatu karakteristik yang menunjukan kadar oksigen terlarut yang diperlukan mikroorganisme untuk mengurai atau mendekomposisi bahan organic.

- COD
jumlah oksigen yang dibutuhkan untuk mengurai suatu bahan organic dalam air.

- TTS 
padatan yang tertahan oleh saringan dengan ukuran partikel maksimal 2μm

- pH
tingkat keasaman atau kebasahan pada suatu larutan.

LAMPIRAN B.V
KEPUTUSAN
MENTERI NEGARA LINGKUNGAN HIDUP
NOMOR : KEP-51/MENLH/10/1995
TENTANG
BAKU MUTU LIMBAH CAIR BAGI KEGIATAN INDUSTRI

TANGGAL 23 OKTOBER 1995



3. Kandungan Limbah Kertas

  Limbah cair, yang terdiri dari :
- Padatan tersuspensi yang mengandung partikel kayu, serat dan pigmen,
- Senyawa organik koloid terlarut seperti hemiselulosa, gula, alkohol, lignin, terpenting, zat pengurai   serat, perekat pati dan zat sintetis yang menghasilkan BOD (Biological Oxygen Demand) tinggi,
- Limbah cair berwarna pekat yang berasal dari lignin dan pewarna kertas,
- Bahan anorganik seperti NaOH, Na2SO4 dan klorin,

- Limbah panas.


D. Penanganan Limbah Kertas

Salah satu cara penanganan Limbah Kertas yang digunakan di pabrik kertas yaitu Screening. Screening merupakan teknik penyaringan untuk menyisihkan bahan tersuspensi yang berukuran kecil atau besar yang terdapat di dalam cairan. Screening pada pengolahan limbah kertas yaitu untung menyaring sisa-sisa kayu yang masih berukuran cukup besar sehingga dapat di proses kembali sehingga berukuran lebih kecil dan lebih aman untuk di buang ke lingkungan.